News

Sunday, February 7, 2016

CONDUCTOR DAN NONCONDUCTOR

Bila material kelistrikan dikelompokkan, maka akan terdapat tiga kelompok yaitu; Conductor yang dapat menghantarkan arus listrik dengan baik, Nonconductor yaitu meterial yang tidak menghatarkan listrik dan Semiconductor merupakan material yang memliki daya hantar menengah yaitu diantara conductor dan nonconductor. karakteristiknya ditentukan oleh konfigurasi elektronik berdasarkan struktur material atom.

1) Conductor:
Conductor dapat menghantarkan arus listrik dengan baik. Banyak logam yang dapat menghantarkan arus listrik dan elektron dengan baik. Urutan conductor dari yang paling baik adalah sebagai berikut:
Perak > tembaga > emas > aluminium > tungsten > seng > nickel dst.

2) Nonconductor:
Tidak dapat menghantarkan arus listrik Nonconductor disebut juga dengan insulator karena electron bebas tidak mudah dialirkan oleh material tersebut seperti; keramik, gelas, karet, plastik, kayu, dst.

3) Semiconductor:
Semiconductor memiliki karakteristik menengah diantara conductor dan nonconductor. Yang termasuk material semiconductor adalah; silicon (Si), germanium (Ge), selenium (Se) dan sebagainya, yang banyak digunakan pada komponen electronic Untuk wiring mobil , dipakai tipe multiserat yang di dalamnya terdapat berisi kabel tembaga.
Ketebalan kawatnya ditentukan oleh besarnya arus listrik yang dialirkan, beban, kontinuitas, temperatur dan sebagainya. Semakin besar arus listriknya, maka semakin besar kawat yang digunakan dan waktu mengalirkannya juga semakin lama, kawat listrik yang lebih kecil juga bisa dipakai.



No comments:

Post a Comment